MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Sabtu, 31 Agustus 2013

LAPORAN KEGIATAN MOTIVATOR KM SAMBI WARGA



Kegiatan Bulan Juli 2013
                                                                                                     
No.
Hari/Tanggal
Lokasi
Materi
Tenaga Motivator
1.
Selasa,02-07-2013
Rumah Gita Sarwadi (Sekretaris  KTT Faer Daya Genggelang)
Di rumah Gita Sarwadi ada Eka, Amil Salim, Karsa, Dedi Irawan, Siarna dan Subhan. Kami obrol-obrol tentang manfaat teknologi tepat guna dalam pengembangan usaha ekonomi produktif yang digeluti warga. Teknologi tepat guna dapat meningkatkan volume hasil dan memudahkan pembuatan produk usaha yang dijalankan setiap kelompok warga. Dari obrolan itu mereka sedang membincangkan fungsi fasilitas TTG untuk mempermudah dalam proses pembuatan/ pengolahan produk usaha. Saya memberi saran agar mereka menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait guna akses informasi alat-alat TTG. Selain itu disarankan untuk bekerja sama dengan pihak-pihak yang kapabel/teknisi guna menimba teknis pengoperasian TTG.         
S A R J O N O
2.
Jumat, 05-07-2013
Berugak Amil Salim 
Di rumah Amil Salim ada Eka, Anda, Adi, Tusna, Hamdi, Nasdi, dan Haerani. Kami obrol-obrol tentang pentingnya peran serta dunia usaha berkait kegiatan   penumbuhan semangat warga  untuk berwirausaha berdasar potensi sumber daya ekonomi lokal. Saya memberi masukan agar masyarakat menjalin relasi dengan pelaku dunia usaha dalam rangka pengelolaan sumber daya ekonomi lokal guna mendorong tumbuhnya kelompok usaha berbasis kerakyatan di masyarakat guna meningkatkan pendapatan rumah tangga sehingga daya beli masyarakat bisa meningkat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (konsumtif).     
S A R J O N O
3.
Selasa, 09-07-2013
Lesehan Papak Desa Genggelang
Di Lesehan Papak ada Adi S, Muhlis Kurbani, Murdi, Nurul Aini, Yek Idrus, Rudi Hartono, Muncar, Suryadi, Idrus Salim, Koeshidriah, Sugianto dan Made Tegas. Kami Rakor soal pemotongan dana program PNPM-MP 2013 yang masuk di Kecamatan Gangga. Dari rakor itu mereka sedang membahas realisasi kegiatan yang akan dipangkas sebagai dampak kenaikan BBM yang telah  diberlakukan pemerintah bulan Juni 2013. Saya memberikan masukan agar peserta sebisa mungkin memangkas program non fisik dan non fisik yang masih bisa ditanggulangi dengan memperkecil volume program. Saya menyarankan  agar anggaran program yang dipangkas tidak menyentuh kegiatan prioritas/mendesak sehingga tak memberi dampak besar terhadap kebutuhan vital masyarakat.  
S A R J O N O
4.
Selasa, 11-06-2013
Berugak Suryadinata
Di Rumah Suryadinata ada Maydianto, R. Didi Kuswara, Julhadidi, Suwandi, Sukamdi, Sudir dan Zulkarnaen.  Kami obrol-obrol soal program peluang keterpilihan bakal calon legislatif dari Kec. Gangga. Dari obrolan itu mereka sedang membaca peluang siapa diantara sekian banyak balon legislatif yang berlaga 2014.   Saya berpendapat bacaleg yang berpeluang keluar sebagai pemenang pada pemilu 2014 tidak lebih dari 3 orang, baik dilihat dari faktor karakter pribadi setiap bacaleg maupun nilai jual di tengah masyarakat. Saya memberi masukan bahwa kedua faktor itu sangat urgen bagi bacaleg yang bertarung, apalagi masyarakat calon pemilih sudah cerdas. Ini hal paling menentukan selain program yang ditawarkan karena pemilih sudah mampu menilai siapa yang layak untuk mengemban amanah rakyat. Para calon pemilih sudah jeli karena mereka tidak mau terperangkap kesekian kalinya dalam slogan “membeli barang di pasar gelap”.  
SARJONO
5.
Sabtu, 13-07-2013
Berugak Nyoman Ardana  
Di Berugak Nyoman Ardana ada Sudirman, Togar, Pt. Widandra Eka Sasmita, dan Ni Komang Ayu. Kami diskusi persiapan pelaksanaan pelatihan terapan TTG program PPKK Ditjen Binapenta RI. Dari diskusi itu mereka sedang mendiskusikan persiapan teknis pelatihan baik soal waktu, tempat, instruktur, panitia dan peserta pelatihan.   Saya memberikan masukan sebaiknya waktu dan tempat pelatihan harus di wilayah setempat, letaknya strategis, mudah dijangkau peserta, panitia dan instruktur. Yang  terpenting pelatihan berjalan lancar sesuai harapan bersama. Saya juga menyarankan agar secepatnya teknis pelaksanaan pelatihan.   
S A R J O N O
6.
Sabtu, 15-07-2013
Kantor Desa Bentek
Di Kantor Desa Bentek ada Sriatun, Sahuni, Asmiati, Andre, Asniati, Diana, Susi, Siarsip, Ratnawati, Murniati & Bagianti. Kami mendiskusikan soal-soal fungsi fasilitas pelatihan yang diberikan oleh TPK Bentek guna kelancaran usaha kelompok usaha ekonomi produktif binaan PNPM-MPd. Dari diskusi  itu mereka sedang membahas pola pemakaian alat yang sudah diterima masing-masing kelompok. Saya menyarankan supaya mereka memakai alat dengan sebaik-baiknya guna kelancaran proses produksi usaha yang mereka geluti. Disamping itu, saya mengusulkan agar alat produksi disimpan di rumah salah satu pengurus untuk menekan kerusakan alat-alat yang telah diterima.   
S A R J O N O
7.
Senin, 17-07-2013
Rumah Suryati 
Di Rumah Suryati ada Rema, Joharah, Kasmi, Kersadep, Rusli dan Mahir. Kami obrol-obrol soal spesifikasi usaha di Kube bakulan  Sobalis II. Saya mengusulkan agar para anggota  memperdaganglan barang yang berbeda-beda agar usaha kelompok berjalan  lancar. Saya memberikan saran mereka untuk rutin mengadakan rapat bulanan supaya kebersamaan sesama anggota terbangun baik disamping untuk mengevaluasi perkembangan usaha masing2.      
S A R J O N O
8.
Kamis, 20-07-2013
Rumah Ach. Husaini  
Di Rumah Achmad Husaini ada Suterono, Rahman, Zarkasi, Rama, Setani dan Sumaidi. Kami obrol-obrol soal rencana lomba yang akan digelar di Masjid Ittihaadul Ummah jelang perayaan Halal Bihalal 1434 H. Dari obrolan itu, mereka sedang menentukan jenis-jenis lomba yang akan dilaksanakan. Saya mengusulkan agar jenis lomba yang diperlombakan lebih diprioritaskan pada  materi-materi pengetahuan agama. Saya juga mengusulkan agar lomba pengetahuan umum juga dilaksanakan karena potensi SDM bidang umum cukup banyak. Sehingga ada keseimbangan pengetahuan agama dan pengetahuan umum.          
S A R J O N O
9.
Selasa, 25-07-2013
Rumah Kepala Dusun San Baro
Di Rumah Kepala Dusun San Baro ada Surahman, Budianto, Harry, Yurnep & Nusnim. Kami obrol-obrol soal program rabat jalan di dusun setempat. Saya menyarankan agar kepala dusun berkoordinasi dengan  tokoh-tokoh setempat untuk membicarakan mekanisme dan teknis penggarapan rabat jalan tersebut. Di samping itu, saya memberikan mengusulkan agar kepala dusun mempersiapkan orang-orang mengerjakan rabat tersebut (tenaga kerja lokal)  
S A R J O N O
10.
Sabtu, 29-07-2013
Rumah Abu Mustafa  
Di Rumah Abu Mustafa ada Nyadi, Lenggem, Zakaria, Amak Titin, HM. Munir dan Warsih. Mereka sedang membicarakan soal pengadaan lahan untuk pembangunan gedung PAUD Harapan Bangsa. Saya mencoba mengusulkan agar tokoh-tokoh masyarakat setempat mengajak eks. anggota kelompok Inkra Rezeki untuk membicarakan lahan kelompok tersebut  dialihfungsikan sebagai lahan pembangunan gedung PAUD. Disamping itu, Saya juga menyarankan agar tokoh-tokoh setempat  berkoordinasi dengan para pengelola Ponpes Aljariyah untuk mencari jalan keluar pengadaan lahan PAUD.   
S A R J O N O

Tidak ada komentar: