MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Minggu, 31 Maret 2013

Kasubdit Binapenta Kemenakertrans RI Tinjau Bakong Indah

Kasubdit Binapenta Kemenakertrans RI


GANGGA (KM SAMBI WARGA),­ Kepala Sub Direktorat Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Erna Noviati, meninjau langsung Kelompok Usaha Kecil Pertukangan Bakong Indah Desa Bentek Kecamatan Gangga. Tinjauan lapangan itu dilakukan untuk melihat perkembangan kelompok pertukangan setempat sebagai salah satu sasaran Program Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta RI. Tujuan peninjauan itu untuk mengevaluasi layak atau tidaknya kelompok setempat diberikan program Terapan Teknologi tepat Guna.
Erna mengungkapkan pemerintah pusat lewat direktorat yang dipimpinnya punya banyak program pemberdayaan kelompok-kelompok usaha masyarakat pedesaan di seluruh belahan nusantara. Kegiatan itu juga dilakukan sebagai kepedulian pemerintah mengentaskan kemiskinan  masyarakat dari sisi ekonomi, disamping program tersebut relevan dengan agenda utama pemerintah KLU dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui konsep Gaung Daye Emas sebagai manifestasi program MP3EI , dmana hal ini menjadi indikator terciptanya progresifitas akselerasi perkembangan dan kemajuan pembangunan perekonomian daerah.
            Di tempat yang sama Kepala Bidang Tenaga Kerja Kabupaten  Lombok Utara, Artadi, SH, saat memberikan pengayaan tentang prospek program pemerintah daerah khususnya instansi yang dinaunginya saat mendampingi Kasubdit Binapenta RI di Sekretariat Bakong Indah, San Baro, Desa Bentek, Kecamatan Gangga.
Lebih lanjut, Artadi, menegaskan, masih sangat banyak masyarakat miskin di kabupaten termuda di NTB ini yang perlu dibina lewat program penumbuhan usaha ekonomi produktif. Karenanya, tahun 2013 pemerintah pusat akan menggelontorkan program pengembangan kapasitas usaha ekonomi produktif yang dilakukan serempak, seperti Terapan TTG, Padat Karya Produktif (PKP) dan Tenaga Kerja Mandiri (TKM). Diakhir pengarahannya, ia berharap supaya warga yang berkecimpung di ranah usaha benar-benar bekerja  dan berusaha dengan ikhlas dan ulet dengan tetap menonjolkan semangat guna meraih cita-cita yang telah dicanangkan bersama anggota kelompok. Acara yang memakan waktu kurang lebih satu jam setengah itu berakhir pukul 11.00 wita.
Sedangkan TKS Pendamping, Eka Sasmita, mengatakan, perlu adanya spirit berusaha bagi kelompok dalam rangka memicu dan menumbuhkan semangat anggota dalam membangun ekonomi lewat kegiatan berwirausaha secara produktif, mandiri dan profesional. Upaya itu ditempun guna membantu masyarakat miskin mencari solusi meminimalisasi agar bisa keluar dari situasi yang kemiskinan yang melilit akibat krisis ekonomi global yang tak kunjung surut. (dj)     
 



Tidak ada komentar: