MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Kamis, 11 April 2013

Dapat 5 Paket Program, Bidang Tenaga Kerja Diminta Perkuat Kerjasama

Charita Siregar, Staf Binapenta RI didampingi Kabid Tenaga Kerja Lombok Utara, Hadari, SP
Sedang Berbincang dengan KTT Sapi Faer Daya Paok Rempek Genggelang Lombok Utara

GANGGA (KM SAMBI WARGA), Sebanyak 5 kelompok usaha kecil binaan Bidang Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Utara mendapat bantuan pembinaan dari Ditjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Penegasan itu disampaikan Charita Siregar, Staf Ditjen Binapenta RI saat meninjau lokasi Program Kegiatan Padat Karya Produktif di Kelompok Tani Ternak Sapi Faer Daya Paok Rempek, Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara beberapa hari lalu.
            Bantuan pembinaan tersebut, sebut Caca, panggilan akrab Charita terdiri dari  terapan teknologi tepat guna berupa peralatan kerja, padat karya produktif, padat  karya infrastruktur dan pembinaan tenaga kerja mandiri (TKM). Oleh karena itu, SKPD lingkup pemerintahan daerah Lombok Utara itu diminta lebih aktif menjalin silaturahmi serta memperkuat kerjasama dengan pemerintah pusat terutama departemen yang ada di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Sebagai daerah baru tentu masih banyak permasalahan ketenagakerjaan yang membutuhkan dukungan banyak pihak termasuk departemen yang ada di kementerian terkait. “Saya minta Bidang Tenaga Kerja KLU agar lebih intens bangun komunikasi serta perkuat kerjasama dengan kami di Jakarta,” pintanya.
Sementara Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Utara, Artadi, SH, mengungkapkan, berdasarkan data yang ada di Bidang Tenaga Kerja lebih dari 30 kelompok usaha kecil yang sudah memasukkan usulan program atau proposal kegiatan usaha semenjak 2011 lalu. Dari jumlah itu, pada tahun 2013, ada 5 kelompok usaha mendapat bantuan program pembinaan dari pemerintah pusat. Kelompok-kelompok yang mendapat program ini, sambung Artadi, telah mengajukan proposal usaha sejak 2012 lalu. Pihaknya mengakui memang selama ini kurang melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait sehingga kedepan akan diperkuat. “Kami sangat bersyukur karena tahun ini kami dapat bantuan program 5 paket. Ini akan amat bermanfaat bagi kelompok usaha kecil di KLU. Kami akan lebih proaktif lagi,” ketus Artadi di ruang kerjanya, kemarin.    
Di tempat terpisah, Suharman DP, Kasie. Pelatihan Produktivitas Lombok Utara, membenarkan apa yang dikatakan Artadi, bahwa KLU memang mendapat 5 paket program dari Kemenakertrans RI. Kepastian itu diterimanya saat melawat ke Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jakarta pekan lalu. Menurutnya kelima paket program tersebut digelontorkan ke kelompok yang yang berbeda jenis usahanya, seperti 2 paket program padat karya terdiri dari 1 paket program padat karya produktif jatuh pada Kelompok Tani Ternak Sapi Faer Daya Genggelang Kecamatan Gangga, 1 paket program padat karya infrastruktur jatuh pada Kelompok Pemuda Desa Teniga Kecamatan Tanjung, 2 paket program teknologi tepat guna berupa 1 paket alat-alat pertukangan jatuh kepada Kelompok Usaha Kecil Pertukangan Bakong Indah Desa Bentek Kecamatan Gangga dan 1 paket alat produksi keripik jatuh kepada Kelompok Usaha Keripik Periri Dirik Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung. Yang terakhir, ketus Suharman, program pembinaan Tenaga Kerja Mandiri yang diberikan kepada Tenaga Kerja Pemuda Mandiri Profesional Paer Daya Kecamatan Gangga. Ia berharap kelima kelompok dimaksud agar benar-benar memanfaatkan program yang telah didapatkan. (dj)

Tidak ada komentar: