MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Rabu, 27 Februari 2013

Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Konsep Sistem Terpadu


Foto Guru SDN 5 Bentek



GANGGA (KM SAMBI WARGA), SDN 5 Bentek merupakan satu-satunya sekolah dasar favorit di Desa Bentek Kecamatan Gangga. Sekolah ini berhasil karena menerapkan manajemen sistem terpadu dalam pengelolaannya.
Sekolah ini sebelumnya tergolong sebagai sekolah yang masih diragukan mutunya. Predikat ini disandang melihat kinerja manajerial sekolah yang masih dibawah rata-rata. Namun, kini predikat itu telah berubah total setelah pihak pengelola berspekulasi mengubah pengelolaan sekolah dengan menerapkan sistem manajemen terpadu.
Menurut Kepala SDN 5 Bentek, I Putu Kaler, S.Pd.SD, keberhasilan sekolahnya selama ini tidak bisa diukur secara parsial tapi harus diukur secara komprehensif dengan cara pandang yang luas. Semua penilaian tergantung masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya. Jika dinilai baik, maka pihak sekolah harus bersyukur dan menjadikannya sebagai motivasi untuk tetap mempertahankan kualitas sekolah tersebut.  
Selama ini kata Kaler, pihaknya sudah memberikan yang terbaik bagi siswa dan masyarakat. Pengelolaan manajemen dengan sistem terpadu di sekolah yang dipimpinnya telah mengantar semuanya menjadi sekarang ini. Dia bersama para guru di sekolahnya telah berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dalam setiap hal. Sehingga, tidak ada satu pun hal yang diputuskan secara otoriter. “Intinya, Kami menerapkan sistem kekeluargaan dan demokrasi. Semua persoalan dipecahkan dan diputuskan bersama,” pungkasnya.
Alhasil, sekolah ini mampu meraih banyak prestasi. Buktinya, pada perlombaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Mata Pelajaran Tahun Pelajaran 2013/2014 yang diselenggarakan oleh Gugus II Gangga di SDN 2 Bentek, sekolah ini mampu meraih banyak prestasi, misalnya Juara I Cerdas Cermat Mata Pelajaran PSPkn, Juara I Cerdas Cermat Matematika dan IPA, Juara I Lompat Jarak Pendek, Juara I Lari Jarak Jauh, dan Juara II Olahraga Sepak Bola serta masih banyak juara-juara seterusnya.
Tidak hanya sekali sekolah ini menggondol prestasi. Olimpiade matematika saja sudah bebera kali mendapatkan juara. Diantaranya pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun Pelajaran 2011/2012 yang diselenggarakan oleh Gugus I Gangga, sekolah ini mendapat prestasi yang memuaskan. Rata-rata juara I. “Masih banyak lagi prestasi yang kita peroleh. Juara harapan belum kita hitung,” ketus Kaler.  
Atas semua prestasi ini, sambung Kartoriadi, salah seorang guru di sekolah setempat, mengaku menyerahkannya kepada masyarakat untuk menilai. Jika memang dikatakan baik, maka pihak sekolah akan tetap menjadikan semua penilain itu sebagai motivasi untuk lebih baik, lebih berprestasi dan lebih maju lagi di masa mendatang. Yang pasti tandas, Karto, aturan di sekolahnya dijalani secara fair. Jika ada siswa, guru bahkan kepala sekolah datang terlambat setelah apel pagi, maka tak diizinkan masuk. “Nah seperti itulah yang kami lakukan selama ini. Ke depan akan kita tingkatkan semangat untuk berprestasi menjadi lebih baik lagi. Kami ingin menyandang predikat favorit selamanya,” tegas Kartoriadi. (Dj)       
               

Tidak ada komentar: