MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Selasa, 27 Mei 2014

Kades Diminta Meningkatkan Kinerja Memimpin

Ketua TP-PKK Lombok Utara Melantik Ketua TP-PKK Desa Sukadana
GANGGA (SAMBIWARGA) – Pemerintah desa merupakan ujung tombak pembangunan masyarakat di aras desa, karenanya Kepala Desa sebagai pucuk pimpinan desa harus mampu menata dan mengelola biduk pemerintahan desa sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Demikian ditandaskan Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH, saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Kepala Desa Sukadana Terpilih, Sojati, di Aula Kantor Desa Sukadana Kecamatan Bayan, beberapa waktu lalu.
 Sebelum memberikan sambutan lebih jauh, Bupati Djohan, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada kepala desa, aparatur pemerintahan desa,  dan seluruh elemen masyarakat Desa Sukadana atas pengabdiannya dalam membangun Sukadana bersama seluruh lapisan masyarakat setempat. Pelantikan kepala desa petahana yang sebelumnya telah memimpin Sukadana selama 6 tahun dan terpilih kembali secara demokratis dalam pemilihan yang digelar beberapa bulan lalu berlangsung khidmat dan seksama. Acara tersebut dihadiri segenap jajaran Pemerintah Lombok Utara mulai dari Asisten Pemerintah KLU, Camat Bayan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan beserta sejumlah tamu undangan dari pelbagai lapisan masyarakat.
            Dikatakan, pemerintah desa merupakan struktur pemerintahan legal formal terkecil dalam sistem pemerintahan negara Indonesia, karenanya pemerintah desa adalah pihak yang berperan sebagai garda terdepan dalam tata kelola pemerintahan di Indoensia. Untuk itu, supaya pembangunan di desa dapat berjalan optimal maka kepala desa dituntut memiliki kapasitas mumpuni untuk membangun desanya. Di samping itu, selaku pucuk pimpinan desa, maka kepala desa harus mampu mengembangkan dan meningkatkan kinerja serta membangun jejaring kemitraan dengan pelbagai elemen terkait guna mengaktualisasikan potensi-potensi yang ada, disamping meningkatkan wawasan berpikir serta bekerja membangun desa dengan semangat juang tinggi serta komitmen teguh. “Kepala Desa harus mampu merangkul semua golongan yang ada di  masyarakat sebagai modal vital membangun desa ini kedepan,” imbuh Djohan.  
Demi kelancaran tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang diemban enam tahun kedepan, dibutuhkan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat desa. “Kuncinya, harus mampu menyatukan hati dan pikiran dengan mengedepankan rasa kebersamaan, kesatuan, dan persatuan demi suksesnya roda berpemerintahan dan pembangunan,” pesan Bupati. Selain dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, hadir pula Ketua Umum TP PKK, Hj. Galuh Nurdiah Djohan Sjamsu beserta segenap anggota TP PKK Kabupaten Lombok Utara. (dj)


Tidak ada komentar: