MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Minggu, 23 Juni 2013

Objek Wisata yang Terabaikan


Air Terjun Lokok Lesong



GANGGA (KM Sambiwarga), Kabupaten Lombok Utara sesungguhnya memiliki banyak objek wisata alam sebagai salah satu kekayaan pariwisata yang cukup mengagumkan. Kabupaten seumur jagung di bumi gora ini tidak dinyana ternyata menyimpan segudang potensi alam yang elok nan mempesona, tapi sayangnya, terabaikan atau masih luput dari pemeliharaan para pemangku pembangunan daerah yang apabila dikelola dan dikemas sedemikian rupa akan memberikan pemasukan terbesar bagi pendapatan asli daerah.
Salah satu potensi wisata yang dapat memberikan nilai plus bagi dunia pariwisata dayan gunung ialah air terjun lesong (baca: temponan lokok lesong-orang utara biasa menyebutnya). Objek wisata ini masih sangat alami dan airnya jernih kebiru-biruan. Ketinggian air terjun ini mencapai 120 meter dan debit airnya turun melambai menyusuri lempengan batu yang melekuk tinggi dan merona. Air terjun lesung terletak di Dasan Bangket Desa Bentek Kecamatan Gangga, berjarak sekitar ± 3 km dari kampung pemukiman warga.  
      Air terjun lesong adalah wisata alam yang sangat elok sehingga bisa mengalihkan pandangan setiap yang memandanginya. Dari pantauan Sambiwarga saat menyisir objek wisata ini, bahwa pemandangan alamnya elok berseri, amat sangat mempesona. Airnya jernih sebening embun pada pagi hari. Setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata wisata ini belum banyak dikenal oleh wisatawan, domestik terlebih wisatawan mancanegara. Penasaran dengan pesona kepesonaannya, Sambiwarga kemudian mencari informasi detail mengenai wisata ini dengan mengorek cerita-cerita dari warga setempat. Menurut penuturan Andre, air terjun lesong memberi eksoktika tersendiri bagi setip orang yang memandanginya, sengaja maupun secara kebetulan. Menurutnya, objek wisata ini belum dikenal banyak orang sehingga efeknya masih sepi dari kunjungan wisatawan, padahal memiliki keasrian yang indah nan berseri. Objek wisata ini cocok untuk refresing atau membuang kejenuhan karena kesibukan akibat seabrek pekerjaan.
Air terjun lesong dapat memberikan kita corak dan rona keindahan tersendiri dan agak berbeda dibanding objek wisata sejenis lainnya, sebab berada di tengah jurang terjal dengan rona-rona pepohonan yang hijau alami, membatasi wilayah setempat dengan wilayah genggelang. ia memiliki nilai jual tinggi karena termasuk potensi wisata yang potensial berkembang pesat bila dikelola dengan baik oleh pihak terkait untuk menopang roda perekonomian masyarakat setempat.
         Dari hasil penelusuran Sambiwarga terhadap beberapa warga bahwa siapa pun yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini tidak usah ragu karena jalannya bagus, tidak memakan waktu banyak. Jarak tempuhnya kira-kira 10 km dari kota Tanjung bisa memakai kendaraan roda empat ataupun oda dua. Setelah sampai kita bisa meminta bantuan jasa guide lokal. Selamat Mencoba…..!!! (an)

Tidak ada komentar: