MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Minggu, 23 Juni 2013

Hiasan Pot Bunga Warnai Keindahan Halaman Rumah

 Pot Bunga

GANGGA – KM Sambiwarga, Di zaman yang serba modern ini tidak banyak orang yang menyangka hiasan pot bunga yang variatif dapat mewarnai eksotisnya halaman rumah. Apalagi saat ini jenis dan model pot bunga berkembang sesuai tuntutan zaman dan tren rumah. Alhasil, model dan hiasan pot ikut andil menyesuaikan jenis rumah yang banyak dibangun kalangan pelaku usaha properti.
Hal ini diakui Sudirman, seorang penganyam aneka pot bunga di kawasan jalan lingkar Selelos-Bayan. Ditemui Sambiwarga di kediamannya Sudir menuturkan, model rumah saat ini mengarah ke modern minimalis. Mendukung model rumah modernis. Itulah alasannya beragam jenis pot bunga pun berkembang sesuai tuntuntan pasar. Alhasil jenis pot bunga banyak ditawarkan di pasaran tidak lagi hanya sebagai wadah tanaman, namun menyatu dengan model hunian sebagai pendukung rumah itu sendiri. “ Kini pot bunga banyak didambakan orang sebagai pendukung keindahan halaman dan  teras rumah. Apalagi jenis dan model pot bunga semakin bervariasi, sehingga apa pun model rumah, kantor, maupun vila, pot bunga bisa masuk di sana dan tampak serasi,” terangnya.
Jenis pot bunga yang dijual di pasaran, katanya, dibedakan beradasarkan bahan baku dan motif hiasan pendukung. Tampilan luar pelbagai jenis pot bunga berisikan hiasan yang sangat bervariasi dan tampak sangat cantik dan indah. Ini untuk menambah nilai jualnya di pangsa pasar. Sedangkan bahan baku pot bunga tidak lagi cuma tanah liat, namun telah berkembang seperti paras, semen cor, pakis hingga cetakan pres.
Begitupun dengan ukurannya juga makin variatif mulai terkecil, sedang hingga besar untuk menyesuaikan jenis tanaman dan luas halaman dan teras rumah. “Kini kebanyakan orang lebih menyukai pot bunga dari paras dan semen cor. Ini dilihat dari segi nilai seninya yang sangat indah dan juga kekuatannya yang tahan lama, ” ujarnya. Disinggung soal harga, Sudir mengatakan, harga pot bunga bervaraisi mulai Rp 35.000-an untuk ukuran kecil hingga ratusan ribu untuk ukuran besar. Permintaan bisa mencapai lebih dari ratusan pot per bulan. Terkait pemasaran, ia mengakui, tidak sulit karena konsumen yang mencari pot bunga makin hari makin menunjukkan tren peningkatan di Kabupaten Lombok Utara.
Pendy, pemilik usaha sejenis mengungkapkan, perumahan saat ini minim lahan untuk taman bunga. Yang ada rata-rata halaman rumah berukuran sempit sehingga sulit untuk menanam aneka tanaman hias. Sebagai gantinya, orang beralih ke tanaman pot. “Dengan alasan inilah pot semakin banyak diburu orang untuk mendukung sempitnya halaman,” bebernya. Lantas ia pun mengakui, permintaan kebanyakan datang dari kalangan hotel, instansi perkantoran hingga kalangan rumah tangga yang tak punya halaman yang luas. Faktor ini pula yang merangsang prospek bisnis pot bunga  sangat cerah di bumi bersesanti Tioq Tata Tunaq, disamping model properti yang ditawarkan banyak tipe mulai 1 are atau lebih. (an)

Tidak ada komentar: