MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Rabu, 17 Juli 2013

Pengurus TPK Bentek Gelar Pelatihan UEP


Peserta berpose bersama panitia pelatihan UEP

GANGGA (KM Sambiwarga), Sedikitnya 32 orang kelompok wanita se-Desa Bentek telah mengikuti Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) beberapa hari lalu yang dihelat oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Desa Bentek. Kegiatan  yang berlangsung 4 hari tersebut dilaksanakan di aula kantor desa setempat dengan mendatangkan  Instruktur masing-masing pelatihan dari Balai Pelatihan  dan Dinas UKM Mataram sebanyak 4 orang. Setiap instruktur mengajarkan cara membuat, mengemas dan mempromosikan aneka jenis jajanan tardisional maupun modern dengan mengutamakan bahan baku lokal.  
Di sela-selapPelatihan Adi Susanto, S.Pd, Ketua Panitia sekaligus Ketua TPK PNPM Desa Bentek saat dijumpai Pewarta Sambiwarga berujar, “kegiatan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif ini sebetulnya direncanakan sejak lama dan merupakan hasil keputusan Musyawarah Desa (Musdes) beberapa waktu lalu yang diikuti oleh sekitar 50 orang Peserta perwakilan dari 10 Dusun yang ada di Desa Bentek. Ada beberapa jenis kegiatan Pelatihan yang disepakati untuk dilaksanakan di Desa Bentek meliputi Usaha Ekonomi Produktif untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat, antara lain Pelatihan pembuatan keripik singkong, ubi dan talas serta pelatihan anyaman bambu” paparnya.
Terkait Pendanaan Kegiatan Pelatihan, Adi Susanto mengungkapkan “Untuk biaya semua Kegiatan Pelatihan yang kita laksanakan jumlahnya sekitar 40.000.000 (Empat Puluh Juta ) semuanya berasal dari Dana PNPM tahun 2013, untuk itu kami selalu menghimbau kepada semua peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan ini dengan tekun dan serius, karena sangat banyak pengetahuan baru tentang wirausaha dalam rumah tangga yang disaring  oleh instruktur sehingga mempunyai peluang besar dalam mengembangkan  usaha Ekonomi karena masalah modal mereka bisa dapatkan dari Progran Simpan Pinjam di Program PNPM juga” tambahnya.
Sementara itu salah seorang Peserta Pelatihan bernama Ratnawati mengaku sangat tertarik dengan kegiatan pelatihan yang diikutinya selama 4 hari iti, pasalnya banyak pengetahuan baru yang didapatkannya untuk dikembangkan dalam menata usaha local berbasisi ekonomi kerakyatan. (An) 

Tidak ada komentar: