MEDIA LOKAL RAMAH & AKURAT

Rabu, 20 Februari 2013

Pesona Tiu Kelep yang Eksotik

TIU KELEP SELELOS DESA BENTEK

 GANGGA (KM SAMBI WARGA), Satu lagi obyek wisata dayan gunung yang mengagumkan para pecinta wisata baik pecinta wisata lokal maupun mancanegara, yakni Tiu Kelep Desa Bentek. Seperti obyek wisata lainnya di Lombok Utara, Tiu Kelep juga memberi warna tersendiri bagi keunikan dunia wisata di daerah ini. Pasalnya wisata ini membuat kita terhenyak seketika saat memandanginya. Tak jarang orang sering berdecak kagum saat melihatnya.  Di samping itu, obyek wisata yang masih alamiah ini mampu memberi stimulus dengan spontan kepada kita akan keindahan alam.  
Objek wisata ini masih segar, airnya jernih dengan warna biru langit. Ketinggian Tiu Kelep ini sekitar 200 meter dari permukaan tanah ditambah debit airnya merembes seperti melambai menyusuri celah-celah lempengan batu yang melekuk tinggi di sekitarnya. Tiu Kelep terletak di San Baro Desa Bentek Kecamatan Gangga.
Tiu Kelep termasuk salah satu deretan wisata alam dayan gunung yang elok nan alamiah sehingga tidak mengherankan kalau banyak orang terpesona dan terbuai dibuatnya terlebih saat kita mendamparkan pandangan dari jarak dekat. Media Sambi Warga mengunjungi wisata ini setelah memperoleh informasi dari warga setempat. Surya salah satu warga menuturkan, Tiu Kelep tergolong sebagai destinasi alam dayan gunung yang memiliki nilai eco-tourism yang tinggi. Ini karena pemandangan alam airnya yang sungguh indah dan membuai. Airnya jernih sebening embun pagi dan kealamian airnya sangat luar biasa,” tutur Surya. Namun sayangnya belum dikenal banyak orang terutama wisatawan mancanegara. Warga lainnya, Seni, menuturkan, keistimewaan Tiu Kelep terletak pada airnya yang terjun bebas dan berkilau bila dipantuli sinar matahari pada pagi hari. “Inilah keindahan istimewa dari tiu ini. Kilauannya yang panoramis, hawa dingin dan airnya kayak embun dibagi hari,” kata Seni. 
Air yang dingin laiknya salju dan melandai dengan rembesan teratur memberi kita suguhan keindahan yang tiada tara. Inilah bedanya dengan wisata alam air terjun lainnya. Pepohonan yang rindang dengan daun yang hijau muda juga menjadi ciri kealamian tiu ini. Objek wisata ini tentu memiliki nilai jual tinggi sebagai obyek wisata yang potensial dipromosikan ke dunia luar.
Untuk mengenalkannya, perlu upaya serius dari banyak pihak agar cepat dikenal dan dikunjungi para wisatawan baik winus maupun wisman. Wisata ini cocok untuk  membuang rasa jenuh bagi pekerja super sibuk.
Destinasi pariwisata ini diyakini warga di sekitarnya dapat menggenjot pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Tinggal bagaimana upaya dan strategi yang diterapkan oleh stakholders terkait (masyarakat dan pemerintah). Warga sekitar juga yakin objek wisata ini mampu memberikan kontribusi besar terhadap akselerasi pembangunan di kabupaten bersesanti “Tioq Tata Tunaq”. Tak ayal daerah otonom baru di bumi gogo rancah ini memiliki banyak aset yang bisa membuat naluri wisata orang bangkit dengan spirit keindahan yang cukup elok sehingga diyakini dapat memacu tercapainya kemajuan daerah khususnya di bidang pariwisata.
Untuk mengakses wisata ini tidak sulit, jalan menuju lokasi bagus dengan waktu pendek. Jarak tempuhnya kira-kira 15 km dari Tanjung baik menggunakan jasa roda empat atau roda dua. Setelah sampai di wilayah setempat kita bisa minta bantuan warga sekitar.
Pelbagai jenis objek wisata yang ada di paer bumi Tioq Tata Tunaq pada prinsipnya adalah aset luar biasa sebagai modal membangun Lombok Utara karena dapat menambah nilai plus bagi dunia kepariwisataan dayan gunung. (DJ)
.
                         
                         

Tidak ada komentar: